Kalau melihat dari segi kegunaan kartu ATM (Automatic Teller Machine dalam Bahasa Inggris – Anjungan Tunai)  merupakan alat elektronik yang diberikan oleh bank kepada pemilik rekening yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara elektronik seperti mengecek saldo, mentransfer uang dan juga mengambil uang dari mesin ATM tanpa perlu dilayani seorang teller.

Mungkin tidak jarang orang menggunakan kartu ATM, melihat dari fungsinya memang sangat baik untuk digunakan, apalagi kalau orang yang malas untuk membawa uang banyak di kantong/dompet, biasanya praktis dengan cukup membawa uang seadanya dan menjadikan kartu ATM sebagai cadangan apabila ada sesuatu yang dadakan dan harus secepatnya bertransaksi (yah..mungkin itu deh alasannya). tapi saya tidak ingin menjelaskan lebih banyak tentang itu.

saya ingin sedikit bercerita pernah ngga mengalami hal seperti ini, sudah ada dimesin ATM tapi pas mau tarik uang, ATM ketinggalan dirumah, apalagi ditambah dengan buru-buru mau menggunakan uang tunai ? (kesal,emosi pastilah)

Meskipun memang saya orang yang agak ribet membawa dompet saat keluar rumah, karena kadang menurutku dompet agak mengganggu pada saat duduk, terus untuk membawa uang tunai lebih, hanya unutuk beraktifitas seperti biasanya agak alay juga sih menurutku kalau sampai membawa uang yang lebih.

Selain saya tidak terlalu suka membawa dompet pada saat keluar rumah, sampai menjadikan kartu  ATM menjadi alternative solusi, salah satu alasan yang paling penting bagi saya adalah bisa berhemat dengan menarik uang tunai sesuai kebutuhan saya sehari-hari.

Tapi disatu sisi ada positif dan negatifnya kalau cuman mengandalkan kartu ATM menurut saya :

Positif :

  • meminimalisir jadi korban criminal karena membawa uang yang berlebih (kecurian)
  • Sangat mudah tidak perlu pergi ke bank untuk bertransaksi atau memperoleh informasi, bagi kita yang malas untuk ke bank apalagi hanya untuk cek saldo rekening.
  • Leluasa bertransaksi jam dan hari apapun (walapun hari libur), sangat mudah menurutku karena bank hanya terbuka mulai pukul 08.00 dan tutup di pukul 15.00, dari hari senin sampai jumat meskipun ada juga yang buka setengah hari pada hari sabtu.
  • yang paling penting bagi saya bisa menghemat dengan menarik uang sesuai dengan kebutuhan saya sehari-hari, karena saya orangnya bisa dibilang boros apalagi memegang uang yang banyak (seolah naluri belanja tak terkontrol)

Negatif :

  • Tidak semua daerah di Indonesia memiliki mesin ATM meskipun kita yang berada didalam kota (Makassar) mungkin bisa sangat mudah mendapatkan mesin ATM karena hampir disetiap sudut jalan kita dengan mudah mendapatkannya, tapi kalau kita berada didaerah yang pedalaman mungkin agak susah kemudian untuk mendapatkan mesin ATM dengan mudah.
  • Mesin ATM apalagi disituasi yang saya perlu menggunakan uang tunai untuk bertransaksi.
  • Kartu ATM tertelan dalam mesin ATM, (entah mau berbuat apa) kejadian seperti ini saya pernah mengalaminya, bahkan sebagian orang yang mengalami hal seperti ini sampai kehilangan saldo dalam rekeningnya. sedikit saran apabila mengalami hal seperti ini langsung menghubungi kontak yang ada di mesin ATM dan langsung memblokir kartu ATM anda. (minimal mengurangi sesuatu yang tidak diinginkan.
  • selanjutnya hal yang paling sering saya alami lupa membawa ATM, tapi mungkin kejadian ini hanya saya yang sangat sering mengalaminya (berharap ada orang yang ikut sama kebiasaan burukku hehehe)

Yah..mungkin ini sedikit cerita kenapa saya menjadikan kartu ATM sebagai sesuatu yang berkesan bahkan sangat penting  menurutku untuk menunjang aktifitas sehari-hari saya.

One thought on “A T M

Leave a Reply

